Nasi Beriani Gam Asli Muar

Tidak susah untuk menemukan Nasi Beriani (Briyani) di Kuala Lumpur, hampir setiap Kedai Mamak menyajikan Nasi Beriani dengan lauk kambing, telur, daging atau ayam masak merah. Sedap memang.

Di Kuala Lumpur ada satu kedai Nasi Beriani yang terkenal, di klaim paling sedap dan best,  Nasi Beriani Tikus namanya haha. Tapi bukan berarti pakai daging tikus ya. Disebut tikus karena kedainya terletak di Lorong Bandar 13 atau Lorong Tikus, Lebuh Pasar Besar. Tidak jauh dari pusat oleh-oleh Central Market. Saya pernah makan beberapa kali karena ada kawan belanja (traktir) makan siang, terbukti memang sedap.

Tapi tentu saja ngga sah kalau belum coba masak sendiri, hitung-hitung belajar kan, akhirnya saya memberanikan diri untuk mencoba memasak Nasi Beriani ini saat libur Thaipusam kemarin. Resep yang saya gunakan saya ambil dari blog Kak Azlita, food blogger Johor idola saya karena resepnya yang canggih dan foto-fotonya yang cantik.

Nama Beriani sendiri diambil dari Bahasa Parsi – beryā(n) yang berarti goreng atau panggang. Sering juga dieja sebagai biriani, biriyani, buriyani, beryani atapun biryani.  Sedangkan Nasi Beriani Gam adalah salah satu varian masakan nasi Beriani Melayu. Kenapa disebut Melayu karena ada juga Nasi Beriani khas Timur Tengah dan India, serupa tapi tak sama. Intinya adalah nasi yang dicampur remah dan beras yang digunakan biasanya beras Basmathi yang berukuran panjang. Nasi rempah ini kemudian disajikan dengan lauk pelengkap sesuai selera.

Nasi Beriani Gam ini berasal dari Muar, Johor. Sering disebut juga sebagai Nasi Beriani Dam atau dum, karena daging yang telah dibumbui akan dikukus bersama lapisan beras. Hasilnya Nasi Beriani Gam sangat terasa rempah-rempahnya, dan ada jejak lemak dan daging yang gurih. Dah kebayang enaknya kan ya, ngga salah kalau Nasi Beriani ini selalu jadi hidangan istimewa saat hari raya atau kenduri pernikahan.

img_0776

Resep Kak Azlita ditulis dalam bahasa Melayu, saya tuliskan kembali disini dalam Bahasa Indonesia ya, dan selamat mencoba 🙂

NASI BERIANI GAM ASLI MUAR - recipe by Azlita Azis

  • Servings: 8-10portion
  • Difficulty: medium
  • Print

NASI BERIANI

Bahan
5 cup beras basmathi, cuci bersih, rendam selama 1 jam
1 cup Ghee/minyak sapi – bisa juga menggunakan minyak Samin
1 sdt kapulaga
1 inchi kayu manis
5 buah bunga lawang/ pekak/star anise
1 sdt jintan manis
1/2 sdt saffron
4 buah bawang putih, iris halus
10 buah bawang merah, iris halus
1 inchi jahe, iris halus
3 sdm pasta rempah Beriyani, kalau berupa bubuk encerkan dulu dengan air hangat
segenggam kacang mede
segenggam raisins atau kismis
5 cup air
Garam sesuai selera

Cara membuat
Panaskan minyak sapi, tumis bawang merah-bawang putih-jahe sampai harum, tambahkan kapulaga, kayu manis, bunga lawang dan jintan manis. Masukkan pasta rempah, tumis lagi sampai harum dan keluar minyaknya. Masukkan beras, aduk rata, tambahkan air dan masak beras setengah matang.

LAUK BERIANI GAM

Bahan
1 kg daging kambing/sapi
5 buah kentang, belah 2
10 buah telur rebus
1/2 cup Ghee/minyak sapi – bisa juga menggunakan minyak Samin
1 sdt kapulaga
1 inchi kayu manis
5 buah bunga lawang/pekak/star anise
1 sdt teh jintan manis
2 buah bawang Bombay, iris halus
5 buah bawang putih, dihaluskan
10 buah bawang merah, dihaluskan
1 inchi jahe ~ dihaluskan
6 sdm pasta rempah Beriyani
Segenggam kacang mede
Segenggam raisins atau kismis
Air secukupnya
1 cup Yoghurt
Garam dan gula sesuai selera
2 sdm puree tomat
1 buah gula merah

Cara membuat
Panaskan minyak sapi, tumis bawang bombay, bumbu yang dihaluskan dan semua rempah sampai harum. Masukkan pasta Beriyani, tumis sampai keluar minyak. Masukkan daging, kentang dan air, masak dengan api sedang sampai daging empuk. Masukkan puree tomat dan yoghurt, masak lagi sampai mendidih. Kemudian tambahkan garam, gula, kecilkan api dan masukkan kismis, kacang mede dan telur rebus. Masak kembali sampai daging betul-betul empuk.

Untuk penyelesaiannya, pindahkan lauk Beriani ke dalam alas kukusan (biasa untuk tempat air). Nasi setengah matang letakkan di lapisan kedua, taburi dengan kismis dan kacang mede, jangan lupa alasi kukusan dengan kain. Siapkan satu buah kain yang besar, celupkan ke dalam campuran tepung kanji dan air panas. Kemudian lilitkan kain kanji tersebut di atas permukaan luar alas kukusan. Tujuannya agar uap air tidak menguap keluar. Masak lauk dan nasi 1/2 matang dengan api kecil kurang lebih selama 1 jam atau sampai nasi matang.

Biasanya Nasi Beriani disajikan dengan meletakkan daging dan kuah diantara dua lapisan nasi. Dilengkapi dengan acar timun-nanas dan kerupuk papad.

img_0774

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s